Papandayan



'Where must we go...
 we who wander this Wasteland in search of our better selves ? '
                                                                                The First History Man - Mad Max : Fury



Hai hai, jadi, kali ini saya bakal cerita tentang perjalanan saya jalan-jalan ke gunung Papandayan. Gunung Papandayan itu, letaknya di Garut. Modal kami udunan Rp 290.500,00 udah termasuk beli gas, transport nyewa mobil dari Bandung-Garut, dll. Gunung Papandayan sekarang mahal bingitss. Masuk+camp 65.000. Karena kita nyewa mobil, parkir bentar ditambah 10.000. gue saranin lu naik bis ke Bandung-Garut terus naik ojek aja, seems lebih murah karena kalo nyewa mobil, bayar bensin bapaknya juga jadi agak mahal.




Jadi, tim saya kali ini CEWEK SEMUA!!!! Wkwkwkwk. Dan nggak ada yang pernah naik gunung sebelumnya, kecuali saya dan beberapa tapi udah sering ngecamp ke dataran tinggi sih tapi. Tapi, walau saya udah pernah naik gunung, saya nggak punya keterampilan naik gunung dikarenakan kalo naik biasanya ada cowo-cowo yang menyiapkan tenda, saya duduk duduk eh tenda udah jadi huehehe. Untungnya, kami dipandu oleh Kang Farhan, jadi nggak nyasar dan bisa ngediriin tenda (beliau masnag 80% tendanya tapi) lumayan, aku udah jago ngebongkar tenda sekarang sama ngebangun dikiiiiitt lah, hehe.

Sunrise!!!

Oke, jadi kami berangkat dari Salman ITB pukul 06.30. Setelah semua siap kami langsung caw naik. Papandayan termasuk gunung cimpi, pada waktu itu lagi musim kemarau jadi karena kondisi gunung pada awalnya lumayan gersang dan panas diminta cewe-cewe bawa topi dan jangan lupa pakai sunblock, kalau nggak mau berakhir dengan wajah merah-hitam, bibir mengelupas, kulit kering perih mau ngelupas juga kayak aku. Maaf karena aku cewe, jadi ya rada mikirin muka, lah hehe.

Tegalalun, tempat tumbuhnya bunga-bunga edelweiss


Oke, jadi, kami mulai naik tujuan peristirahatan kami adalah pondok Saladah, tempat orang –orang pada ngecamp. Tapi, karena ini gunung cimpi, banyak warung-warung tersedia, kok. Kamar mandi juga tersedia dimana-mana (di pos maksudnya). Jadi, so enak lah pokoknya. Buat yang nggak mau ngecamp, nggak usah khawatir karena bisa kok naik aja terus turun. Cuman, buat hati-hati aja, kadang disini ada babi hutan. Petugas biasanya menyarankan untuk menggantung makanan kita di pohon (tapi kami nggak ngelakuin, hehe). Tapi, tenang ada ranger yang siap berpatroli serta petugasnya kok. Jadi, insya allah aman.


Setelah ngecamp, kami besok paginya melanjutkan jalan-jalan ke hutan mati dan tegal alun. Hutan mati memiliki tanah berkapur dan pohon-pohon yang kering. Sedangkan tegal alun berupa padang bunga edelweis. Eitss tai tetep jaga lingkungan ya. Jangan memetik bunga Edelweiss sembarangan, kalo nggak mau dijadikan duta Edelweiss atau ngga boleh naik ke Papandayan lagi buat selamanya, hehe.

Hutan mati nan eksotis, hehe


Oh yaa, karena kami ngecamp di pondok Saladah jadi untuk dapetin sunrise tinggal jaan sebentar aja dan nyampe. Tapi ada juga kok tempat ngecamp selain di pondok Saladah, cuman kalo liat sunrise jalannya agak jauh tapi lebih bagus karena bener-bener nggak ada yang ngehalangin matahari muncul.

Oh ya, mungkin kalian berniat ngefoto bintang, karena disini bintangnya bagus banget. Untuk kamera sebaiknya make DSLR jangan yang biasa karena ada pengaturannya tersendiri.
-        Timer 2-5 detik
-        Manual fokus set ke infinity fokus
-        ISO : 2500 atau 2000 atau 3200
-        F 3,5/2,8
-        Speed ke 25 detik-30 detik atau 15 detik juga bisa

Pemandangan langit di malam hari
Dalam pemotretan ini kami memakai lensa Canon sigma 10-20. Tapi, bisa kok pake kamera lainnya. Dengan pengaturan yang sama.  Oh, ya jangan lupa hindari tempat-tempat yang banyak lampu/senter supaya dimatikan. karena bisa mengganggu indahnya cahaya bintang di malam hari dan jadi susah ngefotonya.

Waktu aku ke sana kan lagi musim kemarau, jadi lumayan dingin. Waktu malam hari suhunya bisa mencapai 8 - 9 derajat Celcius aja. Jadi, jangan lupa bawa sleeping bag, jaket yang anget, kaos kaki, sarung tangan juga. Untuk yang kadang suka susah nafas di waktu dingin (kayak aku, walau ngga asma ya) jangan lupa bawa masker. Oh ya di perjalanannya bau belerang gitu.


Selamat jalan-jalan, jangan lupa berdoa dulu
Life is artventure

Share:

0 komentar