Tips Jadi Cewek Solo Traveler

Hallo, travelers !!

Kadang kadang kita pengen jalan jalan tapi dengan me time dong alias sendirian atau solo. Tapi, kadang ada sedikit keraguan mengingat kita ini cewek, jalan jalan sendirian tentunya memerlukan banyak persiapan mengingat terkadang tempat yang kita tuju tidak aman atau kurang bersahabat bagi sobat solo female traveller sekalian.

Berikut, nih tips tips yang bisa kalian aplikasikan ketika sedang backpacker sendirian.


1. Cari Info Tentang Tempat yang Ingin Kamu Tuju

Browsing tentang tempat yang ingin kamu tuju sebelum jalan jalan
Sumber Gambar : https://www.nextadvisor.com/blog/can-i-use-voip-while-im-browsing-the-web/


Cari info selengkap lengkapnya mengenai tempat tersebut. Mulai dari moda transportasi, tempat makan terdekat, hingga tempat penginapan terdekat. Ada beberapa tempat wisata yang agak jauh dari keramaian, sehingga tidak selalu terdapat angkutan umum selama 24 jam. Jangan lupa cari tahu pukul berapa tempat wisata yang kamu tuju buka. Nggak lucu dong, pas kesana eh tutup. Info ini bisa kamu tanyakan pada orang yang pernah kesana atau cari review di Blog orang. Semua budget yang dibutuhkan harus dilist secara lengkap, ya. Seringkali, budget membeludak karena terdapat keperluan mendadak seperti tiba tiba biaya transport meningkat drastis untuk pergi ke tempat tempat yang tidak tersedia angkutan umum. Oleh karena itu selalu siapkan dana darurat bila hal tersebut terjadi. Jika berepergian ke luar negeri, biasanya tersedia motel yang jauh lebih murah daripada hotel, namun satu kamar biasanya terdiri dari beberapa orang. Jangan lupa pantengin terus tuh, website penyedia penerbangan yang suka banget memberi diskon. Bahkan jika kalian beruntung, bisa jadi PP Indonesia-Singapura cuman Rp 600.000. Buat yang suka berpergian ke luar negeri, bisa banget berpanduan pada buku Lonely Planet, dimana disana sudah ada tuh hotel berikut review pendek keadaannya seperti "kamar dilengkapi dengan shower dan TV" atau tempat tempat yang tidak boleh ditinggalkan ketika berkunjung ke suatu negara. Jangan lupa juga check apakah tempat yang kalian tuju merupakan tempat yang ramah bagi wanita. Jangan sampai terjadi hal hal yang tidak diinginkan seperti sexual harassment menimpa diri kita. Lebih baik membawa teman atau partner perjalanan jika kita ingin bersolo ria ke tempat seperti itu ya, ladies !


2. Persiapan Fisik dengan Olahraga Rutin Sebelum Keberangkatan

Olahraga sebelum traveling

Salah satu yang menjadi masalah terbesar saat jalan jalan sendirian adalah terkena penyakit. Siapkan tubuh kalian dengan jogging rutin, nggak perlu olahraga yang berat tetapi cukup untuk menjaga biar tubuh tetap fit dan nggak gampang sakit. Olahraga rutin juga bisa melatih tubuh supaya lebih kuat buat jalan-jalan biar nggak cepat lelah dalam perjalanan. Jika perlu minum vitamin juga terutama bila berpergian di pergantian musim.

3. Pakai Tas/Carier yang Nyaman 

Pakai tas yang nyaman
Sumber Gambar : http://www.gsmnp.com/smoky-mountains-national-park-backpacking-trails/

Inget, nih semua barang bakal kita bawa sendiri. Yah, sebagian emang bisa dititipkan di penginapan tapi kalau misal kita harus jalan jauh dengan membawa tas, jangan sampai abaikan kenyaamanan ya. Buat tas ransel, kalau bisa harus ada tuh bantalan punggung biar beban tersebar merata dan ngga bikin encok. Kalau carrier, jangan lupa pilih carier senyaman mungkin dan terdapat penyangga besi di dalamnya. Oh, terus untuk carrier, penataan harus seimbang, ya dan benda yang paling dibutuhkan dalam keadaan darurat contohnya jas hujan harus diletakkan di paling atas.

4. Jangan Lupa Pakai Sunblock

Memakai Sunblock
Sumber Gambar : https://www.mapleholistics.com/blog/higher-spf-myth/
Ini sering banget kelupaan bagi cewek cewek. Jangan lupa untuk memakai sunblock ketika sedang berpanas panas ria di daerah tropis. Kalau nggak, pas kita balik ke kantor orang orang bakal ngatain, eh kamu kok iteman, sih. Nggak pakai sunblock juga terkadang menyebabkan kulit kering parah hingga putih mengelupas !!

5. Bawa Peralatan Pertolongan Pertama dan Obat Obatan Pribadi

Luangkan sedikit waktu anda untuk menyiapkan obat-obatan pribadi seperti minyak kayu putih, obat anti mabuk, atau obat maag. Super nggak lucu kalau kita terkena maag, eh ternyata apotek jauh banget tuh dari penginapan, bisa bisa jadi begadang semalaman menahan rasa sakit. Jangan lupa pula untuk membawa plester luka dan koyo, siapa tahu jadi pegel linu di perjalanan.Jika sedang berada pada masa haid, sediakan pula asam mefenamat dalam kantong sebagai pain reliever. Obat obatan yang dibawa juga bisa ditentukan dari tempat yang akan kita tuju, misalnya jika kita ingin pergi ke tempat dengan ketinggian ekstrim, jangan lupa membawa ibuprofen, paracetamol, atau jika parah acetazolamide untuk mengobati altitude sickness.


6. Bawa Pembalut 

Handuk yang dicelupkan ke air hangat atau botol berisi air hangat bisa meredakan sakit menstruasi
Sumber : https://storiesofworld.com/menstruation-problems-every-girl-faces/

Walau bukan sedang tanggalnya, jangan lupa bawa pembalut. Bisa jadi "si dia" dateng lebih awal atau terlambat dari perkiraan, dan ternyata kamu sedang berada di tempat terpencil dan jauh dari pertokoan, hati jadi lega jika pembalut sudah ada di kantong.

Oke, guys jadi itu tadi tips tips yang bisa saya sampaikan. Selamat berpetualang !!

Share:

0 komentar